Minggu, November 27, 2022
Parlementaria

PIDATO BUPATI DOMPU DIHADAPAN SIDANG PARIPURNA DPRD KABUPATEN DOMPU DENGAN AGENDA PENYAMPAIAN RANCANGAN KEBIJAKAN UMUM APBD dan PRIORITAS PLAFON ANGGARAN SEMENTARA PERUBAHAN APBD KABUPATEN DOMPU TAHUN ANGGARAN 2018

BISMILLAHIRRAHMAANIRRAHIM.

ASSALAAMU’ALAIKUM – WARAHMATULLAHI – WABAROKAATUH

PUJI SERTA SYUKUR KEHADIRAT ALLAH SWT SENANTIASA KITA PANJATKAN, KARENA BERKAT LIMPAHAN RAHMAT KARUNIA DAN TAUFIKNYALAH, SEHINGGA KITA DAPAT HADIR DI TEMPAT YANG TERHORMAT INI DALAM KEADAAN SEHAT WALAFIAT GUNA  MENGIKUTI RAPAT PARIPURNA DPRD, DENGAN AGENDA PENYAMPAIAN RANCANGAN KEBIJAKAN UMUM DAN PRIORITAS PLAFON ANGGARAN SEMENTARA APBD PERUBAHAN KABUPATEN DOMPU TAHUN ANGGARAN 2019.

KEBIJAKAN UMUM ANGGARAN PENDAPATAN DAN BELANJA DAERAH MERUPAKAN LANDASAN FILOSOFIS UNTUK MERUMUSKAN KEBIJAKAN DAN SASARAN PROGRAM KEGIATAN PEMBANGUNAN DALAM SATU TAHUN ANGGARAN. KEBIJAKAN  UMUM ANGGARAN PENDAPATAN DAN BELANJA DAERAH SELANJUTNYA MENJADI ACUAN ATAU PEDOMAN BAGI SELURUH SATUAN KERJA PERANGKAT DAERAH DALAM MENYUSUN RENCANA KEGIATAN PELAKSANAAN ANGGARAN PENDAPATAN DAN BELANJA DAERAH.

APBD SEBAGAI SALAH SATU DOKUMEN RENCANA KERJA TAHUNAN PEMERINTAH DAERAH JUGA  BERFUNGSI SEBAGAI INSTRUMEN UTAMA DALAM MENINGKATKAN AKUNTABILITAS PENYELENGGARAAN PEMERINTAHAN SEHINGGA PERLU DILAKUKAN UPAYA PERBAIKAN SECARA TERUS MENERUS DEMI TERWUJUDNYA TATA KEPEMERINTAHAN YANG BAIK.

***

SEHUBUNGAN DENGAN EVALUASI TERHADAP PENYELENGGARAAN PEMERINTAHAN DAN PEMBANGUNAN SELAMA SEMESTER PERTAMA TAHUN ANGGARAN 2019, DIMANA DIJUMPAI BEBERAPA ASPEK YANG PERLU DILAKUKAN PROSES PENYESUAIAN DAN PENYEMPURNAAN TERUTAMA TERKAIT PELAKSANAAN APBD TA. 2019. BERDASARKAN HAL TERSEBUT MAKA PEMERINTAH PERLU MELAKUKAN REVISI / PERUBAHAN APBD TAHUN ANGGARAN 2019.

BEBERAPA HAL YANG MELATARBELAKANGI DILAKUKANNYA PERUBAHAN APBD TA. 2019 ANTARA LAIN ADALAH :

  1. PADA SISI PENDAPATAN, SETELAH MEMPEROLEH KETENTUAN DEFINITIF TERHADAP BERBAGAI SUMBER PENDAPATAN DAERAH, TERJADI PERUBAHAN PADA PENDAPATAN ASLI DAERAH, DANA PERIMBANGAN , MAUPUN LAIN-LAIN PENDAPATAN DAERAH YANG SAH.
  2. PADA SISI BELANJA, SEBAGAI AKIBAT PERUBAHAN PEROLEHAN PENDAPATAN DAERAH DAN HASIL EVALUASI PENGGUNAAN ANGGARAN PADA SEMESTER PERTAMA 2019, TERJADI BERBAGAI REVISI DAN PENYESUAIAN BAIK PADA BELANJA LANGSUNG MAUPUN BELANJA TIDAK LANGSUNG
  3. PADA SISI PEMBIAYAAN, SETELAH DIALAKUKAN AUDIT TERHADAP LAPORAN KEUANGAN DAERAH TERDAPAT PERUBAHAN  PADA PENERIMAAN SILPA DARI YANG DITETAPKAN DALAM APBD MURNI TAHUN ANGGARAN 2019.
Baca juga :   Pidato Pengantar Ketua BapemPerda DPRD Dompu Pada Rapat Paripurna Penetapan Perda April 2019

HAL TERSEBUT SEJALAN DENGAN AMANAT PERATURAN PEMERINTAH NOMOR 58 TAHUN 2005 TENTANG PENGELOLAAN KEUANGAN DAERAH YANG DIPERTEGAS LAGI OLEH PERATURAN MENTERI DALAM NEGERI NOMOR 13 TAHUN 2006 YANG DIPERBAHARUI DENGAN PERMENDAGRI NOMOR 58 TAHUN 2008 YANG MENJELASKAN BAHWA  TERDAPAT LIMA HAL YANG MELATAR BELAKANGI PEMERINTAH DAERAH DALAM MELAKUKAN PERUBAHAN APBD YANG SEDANG BERJALAN YAITU :

  1. PERKEMBANGAN YANG TIDAK SESUAI DENGAN ASUMSI KEBIJAKAN UMUM ANGGARAN
  2. KEADAAN YANG MENYEBABKAN HARUS  DILAKUKANNYA  PERGESERAN ANGGARAN ANTAR UNIT ORGANISASI, ANTAR KEGIATAN, DAN ANTAR JENIS BELANJA
  3. KEADAAN YANG MENYEBABKAN SALDO TAHUN ANGGARAN LEBIH TAHUN SEBELUMNYA HARUS DIGUNAKAN DALAM TAHUN BERJALAN
  4. KEADAAN DARURAT
  5. KEADAAN LUAR BIASA

MEMPERHATIKAN KETENTUAN DALAM PASAL 154 TERSEBUT DI ATAS, DAN BERDASARKAN HASIL EVALUASI PADA SEMESTER PERTAMA PELAKSANAAN APBD TAHUN ANGGARAN 2019, MAKA PEMERINTAH DAERAH MEMILIKI ALASAN YANG KUAT UNTUK PERLU MENGAJUKAN PERUBAHAN APBD TAHUN ANGGARAN 2019.

***

BERDASARKAN EVALUASI TERHADAP PELAKSANAAN PROGRAM /KEGIATAN SELAMA SEMESTER PERTAMA TAHUN 2019, DIJUMPAI BEBERAPA ITEM PROGRAM / KEGIATAN PADA SKPD YANG PERLU DILAKUKAN PENYESUAIAN. DENGAN DEMIKIAN DIRASAKAN PERLU UNTUK DILAKUKAN UPAYA OPTIMALISASI PEMANFAATAN ANGGARAN, SEHINGGA TARGET-TARGET PEMBANGUNAN YANG TELAH DITETAPKAN DAPAT TERCAPAI.

***

DALAM PENGAJUAN APBD PERUBAHAN KALI INI, DAPAT KAMI SAMPAIKAN BEBERAPA HAL SUBSTANSIAL TERKAIT DENGAN PERUBAHAN PENDAPATAN, BELANJA, DAN PEMBIAYAAN DAERAH SEBAGAI BERIKUT :

  1. PADA ASPEK PEMBIAYAAN TERDAPAT NILAI SILPA TAHUN 2018 YANG MELEBIHI DARI YANG DIANGGARKAN DALAM APBD MURNI 2019;
  2. TERDAPAT BERBAGAI PENYESUAIAN BELANJA DAERAH YANG HARUS DILAKUKAN TERKAIT BEBERAPA PERUBAHAN;
  3. TERDAPAT BERBAGAI KEBUTUHAN BELANJA BAIK BELANJA TIDAK LANGSUNG BERUPA KEBUTUHAN BELANJA HIBAH MAUPUN BELANJA LANGSUNG BERUPA BEBERAPA PROGRAM/KEGIATAN YANG HARUS DILAKSANAKAN DAN BELUM TERANGGARKAN DALAM APBD MURNI YANG HARUS TERANGGARKAN DALAM PERUBAHAN APBD TAHUN ANGGARAN 2019.
Baca juga :   Kata Akhir Fraksi PDI-P Terhadap Raperda Inisiatif DPRD dan Raperda Usulan Pemerintah Daerah April 2019

***

BERDASARKAN PADA KETENTUAN DEFINITIF TERKAIT DENGAN SUMBER-SUMBER PENDAPATAN DAERAH, SERTA MEMPERHATIKAN BERBAGAI USULAN PROGRAM/KEGIATAN YANG PERLU UNTUK MENDAPAT PERHATIAN DALAM PERUBAHAN APBD TA. 2019, MAKA STRUKTUR APBD KABUPATEN DOMPU DAPAT KAMI GAMBARKAN SEBAGAI BERIKUT :

  1. PERUBAHAN PADA BEBERAPA KOMPONEN PENDAPATAN DAERAH MENGAKIBATKAN PENDAPATAN DAERAH MENGALAMI PENYESUAIAN SEBESAR RP. 38.711.375.045,00 (TIGA PULUH DELAPAN MILIAR TUJUH RATUS SEBELAS JUTA TIGARATUS TUJUH PULUH LIMA RIBU EMPAT PULUH LIMA RUPIAH). TINGGINYA PENYESUAIAN PENDAPATAN INI DISEBABKAN OLEH ALOKASI DAK KESEHATAN YANG YANG MENGALAMI PENYESUAIAN AKIBAT KEBIJAKAN KEMENTERIAN/LEMBAGA.
  2. PERUBAHAN BELANJA DISEBABKAN OLEH PERGESERAN DAN DAN PENAMBAHAN ALOKASI BELANJA PADA BEBERAPA SKPD, MENGAKIBATKAN PENYESUAIAN BELANJA SEBESAR RP. 33.080.344.772,00 (TIGA PULUH TIGA MILYAR DELAPAN PULUH JUTA TIGA RATUS EMPAT PULUH EMPAT RIBU TUJUH RATUS TUJUH PULUH DUA RUPIAH). SEBAGAI AKIBAT PENYESUAIAN PADA SISI PENDAPATAN DANA PERIMBANGAN YAITU ALOKASI DAK SEHINGGA PADA SISI BELANJA HARUS DILAKUKAN PENYESUAIAN MENGIKUTI PERUBAHAN PADA PENDAPATAN.
  3. PENERIMAAN PEMBIAYAAN YANG BERASAL DARI SILPA MENGALAMI PENAMBAHAN SEBESAR RP. 3.081.030.273,00 (TIGA MILYAR DELAPAN PULUH SATU JUTA TIGA PULUH RIBU DUA RATUS TUJUH PULUH TIGA RUPIAH) YANG MERUPAKAN HASIL DARI AUDIT BPK TAHUN ANGGARAN 2018.

***

SEBELUM SAYA MENGAKHIRI SAMBUTAN INI IJINKAN SAYA MENYAMPAIKAN UCAPAN TERIMA KASIH DAN PENGHARGAAN YANG SETINGGI TINGGINYA KEPADA PIMPINAN DAN SELURUH ANGGOTA DPRD KABUPATEN DOMPU, YANG DENGAN PENUH KEARIFAN DAN KEBIJAKANNYA  UNTUK MENGAGENDAKAN ACARA INI SEBAGAI WUJUD DARI KEPEDULIAN DAN KOMITMEN YANG TINGGI DARI DEWAN YANG TERHORMAT UNTUK TERUS MELANJUTKAN PEMBANGUNAN DAERAH INI.

DEMIKIAN BEBERAPA HAL YANG DAPAT SAYA SAMPAIKAN PADA KESEMPATAN INI, SEMOGA ALLAH SWT TUHAN YANG MAHA ESA SELALU MERIDHOI USAHA DAN IKHTIAR KITA SEMUA.

     BUPATI DOMPU

H. BAMBANG M. YASIN

Related Posts

You cannot copy content of this page