Minggu, November 27, 2022
Advertorial

Pengembangan Layanan Perpustakaan Untuk Akses Pendidikan Penduduk Miskin

SUARABBC, Dompu – Dalam rangka mengembangkan Perpustakaan Desa, perpustakaan Nasional memiliki program tentang tranformasi pustakaan berbasis lingkup sosial.

“Pemerintah sekarang tidak hanya mengembangkan pustakaan yang ada di Kabupaten saja, namun sekarang mencoba mengembangkan pustakaan yang ada di desa juga” ungkap Kapala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Daerah Kabupaten Dompu, Rohyani SH, saat dirinya, menyerahkan bantuan berupa Komputer Mark Asus, dengan merek Lenovo sebanyak 4 unit, kepada Kepala Desa Jambu Kecamatan Pajo, Dwiriyanto M. Si, Kamis, 5 September 2019. .

Minimnya sarana yang bisa diaskes penduduk miskin, dan rendahnya tingkat keterampilan berwirausaha dikalangan penduduk miskin tentang, sanitasi, kesehatan, Pendidikan, serta minimnya fasikitas belajar bersama yang mudah dijangkau penduduk miskin di perdesaan, maka dengan bantuan ini dapat mepermudah masyarakat untuk kegiatan pengembang yang berbasis IT sebagai sarana pendidikan penduduk.

Baca juga :   Sosialisasi Perda Nomor 10 Tahun 2017 Tentang Pengelolaan Persampahan Dinas LH Dompu 2018

“Maksud dan tujuan ini agar, bagaiman peningkatan sumberdaya manusia ini merupakan, salah satu cara untuk menuntaskan kemiskinan” jelasnya.

Dana pengembangan layanan Perpustakaan desa ini, bantuan stimula dari Dinas Perpustakaan Nasional, sementara Kabupaten Dompu, ada 13 Desa yang disalurkan untuk bantuan yang dimaksud.

“Yang mendapatkan dana stimulan dari Perpustakaan Nasional, Kabupaten Dompu, ada 13 Desa, dan salah desa yang meraih juara satu, tingkat Nasional tahun 2018 lalu yaitu Desa Cempi Jaya dan Desa Jambu sendiri, yang kita serahkan bantuan ini, dan bantuan yang dikasih berupa, barang, kompur buku, dan sebagainya senialai 150 juta totalnya, untuk masing – masing desa” tandas Kepala Perpustakaan yang biasa disapa Papy ini. (Sp/*).

Baca juga :   Bupati Tinjau Kesiapan Kegiatan Rumah Peradaban Dompu

Related Posts

You cannot copy content of this page