Selasa, September 27, 2022
EksekutifKabar Hukum

Kapolres Dompu dan Dandim Kompak Tinjau Kesiapan Operasi PAM Gatarin 2018

SUARABBC, Dompu – Kapolres Dompu, Nusa Tenggara Barat, Ajun Komisaris Besar Erwin Suwondo dan Komandan Kodim 1614/Dompu Letnan Kolonel CZI Arief Hadiyanto, kompak turun langsung meninjau kesiapan Pengamanan (PAM) dan Pelayanan Operasi Gatarin 2018.

Peninjauan dimaksud salah satunya dengan memeriksa salah satu pos pengamanan dan pelayanan, personil beserta sarana dan prasarana lainnya, yang berada di Pasar Atas kota Dompu, Senin, 24 Desember 2018.

Disela sela kegiatannya, Erwin menjelaskan, pemantauan dilakukan guna memastikan pelaksanaan tugas personel gabungan TNI, Polri, Satpol PP, Orari dan elemen lain didalam memberikan pelayanan dan pengamanan bagi masyarakat yang akan merayakan natal 2018 dan libur tahun baru 2019 berjalan dengan baik.

“Sebagai wujud sinergitas Polri dan TNI, saya bersama pak Dandim harus turun langsung ke lapangan untuk mengecek kesiapan anggota serta sarana prasarana lainnya agar aktivitas masyarakat dalam natal dan libur tahun baru berjalan aman, nyaman, dan tertib,” tegas Erwin.

Baca juga :   KMD Kembali Demo Bupati Dompu, Kali ini Sorot Masalah Mutasi

Dijelaskan, keberadaan pos bukan saja sebagai tempat pengamanan masyarakat selama natal dan liburan tahun baru, namun juga bermanfaat sebagai pusat informasi bagi siapa saja yang membutuhkannya.

Erwin menambahkan, demi kelancaran operasi gatarin 2018, diterjunkan sekitar 343 personil dengan rincian 120 anggota Polres Dompu, 50 anggota Brimob Dompu, 39 anggota Kodim Dompu, dan sebanyak 25 orang dari Dishub. Selain itu, dari Satpol PP 40 orang, Dikes 21 orang, Orari 16 orang, Dinas PU dan Senkom masing-masing 16 orang. Mereka disiagakan di pos-pos pengamanan dan gereja-gereja. Khusus pengamanan di gereja-gereja, dikerahkan anggota TNI, Polri dan Satpol PP.

Sementara titik pos pengamanan tersebar di lokasi strategis misalnya di kawasan wisata Lakey, pasar atas Dompu, terminal Dompu dan Cabang Manggelewa.

Baca juga :   Momentum Pembukaan TMMD ke-104, Bupati Dompu Sampaikan Pesan Kebangsaan

Terkait situasi Kamtibmas selama menjelang natal dan memasuki tahun baru, alumnus Akpol tersebut memastikan masih dalam keadaan kondusif, dan sejauh ini belum ada aktivitas masyarakat yang signifikan yang menyebabkan terganggunya stabilitas. “Insha Allah aman dan terkendali, tetapi kita harus tetap waspada,” ujar dia.

Tidak lupa dirinya mengajak masyarakat Dompu agar senantiasa saling menjaga dan menghormati sesama, dan menahan diri jika ada masalah. “Jangan main hakim sendiri, segera laporkan kalau ada masalah supaya cepat direspon,” ajaknya.

Ditempat yang sama, Dandim Dompu Arief Hadiyanto menegaskan pihaknya beserta anggota Polri menjamin keberlangsungan natal dan liburan tahun baru 2019 dalam suasana kondusif, dan akan maksimal melayani masyarakat. “Percayakan kepada TNI dan Polri, kami akan selalu menjadi garda terdepan dalam melayani masyarakat,” tandas dia. (if).

Related Posts

You cannot copy content of this page