Jumat, Oktober 7, 2022
Parlementaria

DPRD Dompu Menerima LKPJ Bupati Tahun 2018 Pada Rapat Paripurna

SUARABBC, Dompu – Dalam rapat paripurna Laporan Keterangan Pertanggungjawaban (LKPJ) Bupati Dompu, Nusa Tenggara Barat akhir tahun anggaran 2018, seluruh anggota DPRD Dompu yang hadir menerima LKPJ Bupati tersebut.

Dari seluruh anggota Dewan yang hadir dalam rapat paripurna itu, tidak ada satu pun anggota yang mengajukan interupsi atas penyampaian informasi kinerja Pemerintah Daerah selama tahun anggaran 2018, dalam rapat paripurna dewan, pada Selasa, 2 April

Rapat paripurna diruang rapat utama dewan berjalan mulus sesuai agenda, semua capaian kinerja Pemerintahan yang disampaikan Bupati dalam pidatonya tidak mendapatkan kritikan atau hujan interupsi dari anggota dewan yang hadir.

Dalam pidatonya, Bupati H. Bambang M. Yasin menyampaikan tema pembangunan dalam RKPD 2018 adalah mempercepat pembangunan infrastruktur untuk meletakkan pondasi pembangunan yang berkualitas. Tema pembangunan diatas mengilhami visi, misi dan strategi serta tema pembangunan nasional yaitu memperkuat perekonomian domestik bagi peningkatan dan perluasan kesejahteraan rakyat.

Baca juga :   Rapat Paripurna DPRD Dompu Penyampaian LKPJ Bupati Akhir Tahun Anggaran 2018

Didalam menerjemahkan tema pembangunan daerah, Pemerintah menyusun 6 prioritas pembangunan tahun 2018 yaitu meningkatkan pertumbuhan dan memperkuat struktur ekonomi daerah berbasis lokal. Mengembangkan masyarakat yang religious, berakhlak mulia, berbudaya dan menghormati sesama. Meningkatkan pelayanan pendidikan dan kesehatan, terjangkau dan berkualitas. Meningkatkan dan mengembangkan pembangunan infrastruktur strategis daerah. Menegakkan supremasi hukum, pemerintah yang KKN dan memantapkan pelayanan publik. Terakhir meningkatkan kualitas pengelolan lingkungan hidup, dan menciptakan Kota Dompu yang asri, bersih, dan nyaman.      

Keseluruhan prioritas dimaksud, diselenggarakan melalui penatausahaan 34 urusan Pemerintah yang diselenggarakan oleh seluruh SKPD yang membidangi sesuai tugas pokok dan fungsinya masing – masing.

Terakhir Bupati menyampaikan, sejak tahun 2014 kemapmuan APBD Dompu terus meningkat secara berarti dari tahun ke tahun. Pada tahun 2018 mengalami peningkatan dari tahun 2017, dimana APBD mammpu mencapai angka Rp. 1.152.817.876.195,00.

Baca juga :   Ketua Komisi 2 kecam sikap Bank NTB Syari'ah dan akan mengevaluasi khusus penyertaan modal

Dengan kemampaun APBD tersebut, Pemerintah berhasil melaksanakan keseluruhan perencanaan pembangunan daerah tahun 2018 dengan capaian kinerja yang signifikan adalah pertumbuhan ekonomi mencapai 6,80%, mampu mengurangi tingkat kemiskinan dan pengangguran terbuka sehingga tercatat masing-masing 12,4% dan 2,2%.     Atas keberhasilan itu, selama tahun 2018 Pemerintah Kabupaten Dompu meraih 8 penghargaan baik tingkat Provinsi maupun tingkat Nasional. Delapan penghargaan dimaksud antara lain Asia Awards 2018 Government and Company dengan kategori The Asia Best Leader 2018 atau pemipmin terbaik Asia. Penghargaan Universal Health Coverage (UHC) Awards JKN – KIS dari Presiden RI. Opini Wajar Tanpa Pengecualiasn tahun 2018 dari BPK RI. Penghargaan Pastika Prahati dari Kementerian Kesehatan RI. Penghargaan Bupati paling inspiratif dari 7 SKY. Penghargaan atas pencapaian indikator strategi pembangunan daerah tahun 2013 – 2018 yang berkaitan dengan masalah kemiskinan dari Gubernur NTB. Penghargaan Anugrah Parahita Ekapraya dari Wapres RI, dan Penghargaan atas opini WTP 4 tahun berturut – turut dari Menteri Keuangan RI. (/*).

Related Posts

You cannot copy content of this page