Jumat, Oktober 7, 2022
AgamaEksekutif

Tabligh Akbar Polres Dompu, Ustadz Basalamah Sampaikan Pesan Ukhuwah dan Hargai Perbedaan

SUARABBC, Dompu – Ustadz kondang dari Ahlusunnah Wal Jama`ah Dr. Syafiq Riza Basalamah memberikan ceramah di Masjid Raya Baiturrahman, Kabupaten Dompu, Nusa Tenggara Barat, Jumat, 14 September 2018.

Ustadz Riza hadir ditengah-tengah jama`ah dalam kegiatan tabligh akbar bertajuk “Indahnya Persatuan” yang diselenggarakan Kepolisian Resor Dompu.

Dalam ceramahnya, dia berpesan sebagaimana tertulis dalam Al Qur`an dan Hadist Nabi, agar kaum muslimin senantiasa menghargai perbedaan, saling menghormati dan selalu menjaga ukhuwah atau persatuan.

Selain itu, ditegaskan pula bahwa ada 6 hak seorang muslim terhadap muslim lainnya. Enam hak tersebut sebagaimana terdapat didalam hadist dari Abu Hurairah, yang diriwayatkan oleh Muslim, yang artinya : Dari Abu Hurairah radhiyallahu ‘anhu, ia berkata bahwa Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda, “Hak muslim kepada muslim yang lain ada enam.” Beliau shallallahu ’alaihi wa sallam bersabda, ”(1) Apabila engkau bertemu, ucapkanlah salam kepadanya; (2) Apabila engkau diundang, penuhilah undangannya; (3) Apabila engkau dimintai nasihat, berilah nasihat kepadanya; (4) Apabila dia bersin lalu dia memuji Allah (mengucapkan ’alhamdulillah’), doakanlah dia (dengan mengucapkan ’yarhamukallah’); (5) Apabila dia sakit, jenguklah dia; dan (6) Apabila dia meninggal dunia, iringilah jenazahnya (sampai ke pemakaman)”.

Baca juga :   Kupas Tuntas Akuntabilitas

Ceramah Ustadz Riza dihadiri ratusan jama`ah yang terdiri dari Forkompinda, pejabat teras Polres Dompu dan Kodim 1614/Dompu, para pejabat lingkup Pemkab Dompu serta masyarakat umum. (bdl).

Related Posts

You cannot copy content of this page