Rabu, Agustus 17, 2022
Bhakti Sosial

Setetes Darah Untuk Kemanusiaan : Aksi Donor Darah Sat Lantas Polres Dompu Dengan UTD RSUD

Dompu, EN – Satuan Lalu Lintas Polres Dompu bekerjasama dengan Unit Tranfusi Darah RSUD (UTD RSUD) Dompu, Nusa Tenggara Barat menggelar kegiatan donor darah dalam rangka Hari Lalu Lintas Bhayangkara ke-66 tahun 2021.

Acara dilaksanakan Selasa (21/09/2021) bertempat di Aula Polres Dompu dengan target pendonor yang meliputi Sat Lantas, Satuan Brimob, Satuan Dalmas dan staf Polres.

Dikatakan Kasat Lantas IPTU Hermansyah, acara serupa juga dilakuan oleh Sat Lantas seluruh Indonesia.

“Alhamdulillah kegiatan donor hari ini berjalan sukses dengan target 50 orang pendonor,” ujar dia singkat.

📷 Para pendonor sedang diambil darahnya dalam kegiatan donor darah Satuan Lalu Lintas Polres Dompu bekerjasama dengan UTD RSUD Dompu. (Fan).

Fadlurrahman tenaga teknis dari UTD RSUD mengatakan, darah yang terkumpul dalam acara tersebut sebanyak 35 kantong dengan rincian golongan darah A sebanyak 5 kantong, darah B terkumpul 15 kantong, sementara untuk darah O dan golongan AB masing-masing terhimpun 10 dan 5

Baca juga :   Bantu penanganan stunting, Baznas Dompu gelontorkan uang 50 Juta

“Targetnya 50 pendonor, namun pencapaiannya hanya 35 kantong dari 35 pendonor,” ujar Fan.

Kemudian, darah yang dihimpun dari para pendonor lanjut dia, akan disimpan di UTDRS Dompu dengan alat penyimpanan berteknologi canggih sesuai standar kesehatan.

Diungkapkan, di rumah sakit saat ini semua golongan darah dibutuhkan tapi yang lebih dominan dibutuhkan yaitu darah B dan O. Kebutuhan terhadap darah disamping untuk persiapan operasi melahirkan juga untuk memenuhi kebutuhan pasien yang mengidap penyakit lain seperti anemia.

Related Posts

You cannot copy content of this page