Rabu, Agustus 17, 2022
Headline

Satu Polisi di Dompu dipecat, Kapolres sampaikan pesan mengharukan

Jangan ada lagi tindakan yang menodai institusi. “Jangan berbuat senonoh yang menyakiti hati masyarakat serta yang dapat menurunkan harkat dan martabat anggota Polri,”.

Editor, Dompu – Satu anggota Polres Dompu, Nusa Tenggara Barat Brigadir AY (38 tahun) dipecat tidak dengan hormat dari institusinya karena melanggar disiplin.

Pemecatan AY dipimpin Kapolres Dompu AKBP Syarif Hidayat dalam apel pagi Sabtu (25/10/2020) bertempat di lapangan apel Mapolres. Sayangnya, dalam upacara itu, AY tidak hadir alias inabsensia.

AY diberhentikan dari dinas Kepolisian karena melanggar pasal 13 Peraturan Pemerintah nomor 2 tahun 2003 tentang Disiplin Anggota POLRI.

Selama menjadi anggota Polri, AY menjalani sidang disiplin sebanyak 7 kali.

Dalam amanatnya, Kapolres sangat menyayangkan terjadinya pemberhentian tidak dengan hormat seperti yang terjadi terhadap AY.

Baca juga :   Tersangka dana hibah KONI Dompu, dijerat pasal ini

“Saya sangat menyayangkan PTDH ini, dan ini adalah momen yang tidak diharapkan. Semoga momen ini bermakna dan kita petik pembelajaran berharga demi kelangsungan roda organisasi Polres Dompu yang kita cintai bersama,” ucap Kapolres.

Upacara penanggalan atribut Polri kata dia merupakan hal biasa di lingkungan Polri sehubungan masih banyaknya oknum Polri yang indisipliner bahkan melakukan tindak pidana.

Dengan berbagai pertimbangan sambungnya, maka dilakukan sidang kode etik sehingga terbitlah surat PTDH. Dan hal itu sudah melalui mekanisme dan sebelumnya sudah dilakukan pembinaan akan tetapi dengan berat hati dilakukan pilihan terakhir karena merupakan buah dari perbuatan Brigadir AH selama ini.

Syarif berpesan, semoga yang dialami AY adalah yang terakhir. “Jangan ada lagi tindakan yang menodai institusi, jangan berbuat senonoh yang menyakiti hati masyarakat serta yang dapat menurunkan harkat dan martabat anggota Polri,”.

Baca juga :   Dugaan proyek terselubung 26 miliar dilaporkan anggota DPRD Dompu ke KPK

Kedepan, dirinya menekankan tidak ada lagi anggota Polres Dompu yang melanggar disiplin apalagi melakukan tindak pidana. Bagi anggota Polri yang melakukan tindak pidana sanksi terberat bukan hanya PTDH namun juga akan menjalani proses secara hukum pidana umum.

“Semenjak pertama kali menjabat sebagai Kapolres Dompu, saya berkali-kali tekankan pada seluruh personel laksanakan tugas sebaik baiknya dan jangan lakukan pelanggaran,” tegas Kapolres.

Terakhir, dia mengucapkan terima kasih bagi anggota yang masih baik atas dedikasi dan loyalitasnya pada Kepolisian. “Saya berpesan cintai uniform yang melekat pada anda, cintai profesi anda, anda harus memiliki kebangggaan menjadi anggota Polri,” imbuhnya.

Related Posts

You cannot copy content of this page