Jumat, Oktober 7, 2022
Covid-19

Positif corona, Ibu hamil 9 bulan di Dompu terpaksa diisolasi

Hamil 9 bulan positif corona, ibu di Dompu diisolasi

EDITOR, Dompu – Seorang ibu di Kabupaten Dompu, Nusa Tenggara Barat terkonfirmasi positif covid-19. Perempuan berinisial YL (30) Warga Kelurahan Kandai Satu, Kecamatan Dompu itu tengah mengandung 9 bulan. Dia diketahui terpapar covid-19 saat memeriksakan kehamilan jelang melahirkan.

Ditengah pandemi corona, Plt Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Dompu Maman mengatakan sebagai syarat persiapan melahirkan, Pemerintah melakukan rapid tes bagi ibu hamil.

“Saat di rapid ternyata reaktif, kemudian kami juga melakukan swab dan hasilnya positif,” jelas Maman, Jum’at 11 September 2020.

Setelah mendapat informasi, tim gugus tugas langsung bergerak cepat mentracking orang-orang yang pernah melakukan kontak erat dengan YL. Bahkan, orang yang satu rumah dengan pasien YL langsung dilakukan swab.

Baca juga :   Kejar target, BIN NTB gencar percepat vaksinasi covid-19

Sekarang YL sudah menjalani isolasi di RSUD Dompu, sekaligus menunggu proses melahirkan yang tinggal menunggu hari.

Dalam menangani persalinan, lanjut Maman, tim medis dan tenaga kesehatan akan memperlakukan protokol covid-19. Bahkan, APD yang akan dipakai rangkap tiga sebagaimana standar penanganan covid-19.

Sementara dokter yang menangani langsung YL juga sedang menjalani isolasi mandiri dan menunggu hasil swabnya. “Protap RSUD Dompu, bagi tenaga medis dan kesehatan yang pernah menangani pasien positif tidak melalui rapid melainkan langsung menjalani Swab,” tutur Maman. (my).

Related Posts

You cannot copy content of this page