Senin, November 28, 2022
Pembangunan

Porang Mulai Ditanam ‘Ihtiar Suci’ Menuju Dompu yang Mashur

Dompu, EN – Bupati Dompu, Nusa Tenggara Barat Kader Jaelani satu per satu mulai merealisasikan janji kampanye di sektor pertanian yaitu menanam porang.

Porang sebagai salah satu program unggulan Jara Pasaka (jagung, porang, padi, sapi, dan ikan) dalam visi misi Bupati sebagai ihtiar suci menuju Dompu yang Mandiri, Sejahtera, Unggul dan Religius atau Mashur.

Bertempat di Desa Ranggo, Kecamatan Pajo, Bupati melakukan penanaman perdana porang yang dihadiri oleh anggota Komisi IV DPR RI Muhammad Syafrudin, Kamis (23/09/2021).

Dalam sambutannya, Bupati menyampaikan rasa syukur karena mendapat dukungan dari Kementrian Pertanian dan Perkebunan yang memberikan kepercayaan terhadap masyarakat Dompu menggelar program penanaman perdana porang.

Penanaman perdana porang harap dia semoga bisa membawa masyarakat Dompu yang maju dalam hal perekonomian supaya bisa bersaing dengan Kabupaten atau Provinsi lainnya yang ada di Indonesia. “Mari kita bekerja keras untuk memajukan Dompu sebagai penghasil tanaman porang terbesar di Provinsi NTB bahkan Provinsi yang berada di Indonesia,” ajak Kader.

Baca juga :   Kiprah Bhabinkamtibmas sukseskan vaksinasi covid-19 Desa Bara

“Saya berharap kepada masyarakat Dompu agar menanam porang, karena menanam porang tidak merusak ekosistim hutan mengingat porang ini bisa ditanam dibawah pohon-pohon dan tidak perlu menebang seperti sekarang ini sampai hutan menjadi gundul. Hadirnya program penanaman porang ini bisa menggantikan nilai- nilai jagung selama ini yang merusak ekosistim alam yang ada di Kabupaten Dompu,” katanya.

Pada kesempatan yang sama, anggota Komisi IV DPR RI Muhammad Syafrudin berharap kepada masyarakat Dompu agar memanfaatkan lahan-lahan untuk menghasilkan penghasilan yang cukup untuk kehidupan biar rakyat Dompu bisa tersenyum karena penghasilan pertanian yang cukup memadai di Kabupaten Dompu.

“Saya selalu mendukung untuk kemajuan masyarakat Dompu agar bisa bersaing dalam hal pertanian dan semoga masyarakat Dompu bisa menjadi Kabupaten penghasil bumi terbesar di wilayah atau di Provinsi NTB,” ujar HMS sapaan Muhammad Syafrudin saat memberikan sambutan.

Baca juga :   Tersandung masalah, Jaksa lidik pengadaan alat meteorologi dinas Perindang Dompu

Legislator dari Fraksi PAN, Daerah Pemilihan NTB 1 (Pulau Sumbawa) itu menggelontorkan bantuan bibit porang, tujuannya memotivasi dan mengedukasi para petani porang.

Kegiatan yang dimulai pukul 13.30 Wita juga dihadiri Kepala Dinas Pertanian Dompu Ilham, Danpos Ramil Peltu Sucipto, Camat Pajo M. Khamrun, Kades se- Kecamatan Pajo, toga, todat, dan tomas.

Related Posts

You cannot copy content of this page