Rabu, September 28, 2022
Politik

Penentuan Ketua DPRD Dompu dari Partai NasDem Usai Penetapan KPUD

SUARABBC, Dompu – DPD Partai Nasional Demokrat (NasDem) Kabupaten Dompu, Nusa Tenggara Barat merupakan partai pemenang Pemilu 2019 di Kabupaten Dompu, dengan perolehan 19.568 suara sebagaimana ditetapkan KPUD. Perolehan suara tersebut sekaligus mengantarkan 4 kader Nasdem untuk menduduki kursi DPRD Dompu.

Dari aspek legitimasi hukum, otomatis NasDem akan mendapatkan jatah kursi Ketua DPRD Dompu karena pemenang Pemilu. Namun, penentuan siapa yang akan menduduki kursi ketua DPRD masih akan digodok oleh partai, baru kemudian dikeluarkan rekomendasinya. Siapa yang ditunjuk? Dalam hal ini NasDem memiliki aturan main yang jelas.

Terkait penetapan kader yang akan menempati posisi ketua DPRD, Suryanto Taufik ketua DPD NasDem Dompu menjawab untuk saat ini pihaknya belum mengambil sikap. Alasannya, masih menunggu penetapan oleh KPUD Dompu sekitar bulan Juli atau Agustus mendatang. Dan penentuan kader yang ditunjuk kata Baba Liang akan dirapatkan melalui mekanisme dan aturan partai. “Kami menunggu dulu penetapan KPUD, setelah itu baru kami mengambil sikap,” jawab dia santai, pada hari Senin, 10 Juni 2019.

Baca juga :   Gerakan Penolakan Referendum Aceh Terus Mengalir, Kali Ini Dari PMII Patuh Karya

Kemudian Wakil Ketua DPD NasDem Dompu Muntasir memberikan sinyal hal ihwal kader mana yang bakal ditunjuk oleh partai nya nanti.

Diungkapkan, bahwa kader yang berhasil lolos di DPRD Dompu diantaranya Andi Bachtiar, Muttakun, Muhammad Ikhsan dan Pahlawan Indra Jaya sama-sama memiliki peluang untuk merebut kepercayaan dan memperoleh rekomendasi partai. Namun, diantara mereka, ada kader yang diprioritaskan guna mendapatkan rekomendasi menduduki kursi ketua DPRD Dompu. “Kami punya aturan main, soal kader mana yang ditunjuk, kami musyawarahkan dulu dengan beberapa kriteria dan skala prioritas, baru kemudian ditetapkan untuk memegang palu kehormatan ketua DPRD Dompu,” jelas dia. (my).

Related Posts

You cannot copy content of this page