Jumat, Oktober 7, 2022
Advertorial

Pelayanan KB Gratis Peringati WCD di Manggelewa

SUARABBC, Dompu – UPT KB Kecamatan Manggelewa, Kabupaten Dompu, Nusa Tenggara Barat, melaksanakan pelayanan KB gratis bagi warga setempat.

Kegiatan itu dalam rangka memperingati World Contraseption Day (WCD), yang dilaksanakan di seluruh Desa di Kecamatan Manggelewa.

Kepala UPT KB Manggelewa, M. Irianto, mengungkapkan, “Alhamdulillah pelayanan KB gratis sudah kami laksanakan di semua Desa yang ada di Kecamatan Manggelewa dalam rangka menyambut Hari Kontrasepsi Sedunia ini,” ujarnya.

Pelayanan KB gratis dilaksanakan atas kerja sama UPT KB Manggelewa dengan Puskesmas Soriutu yang merupakan Tim Keluarga Berencana Keliling (TKBK).

Sebenarnya terang Irianto, pelaksanaannya sampai tanggal 15 September, namun pihaknya sudah menyelesaikan lebih cepat.

Baca juga :   Dompu menuju good governance : Launching Sistem Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah (SAKIP) Kategori "BB" Tahun 2023

Hasil pelayanan ada 59 orang yang menjadi akseptor KB dengan rincian peserta KB Baru (akseptor baru) jenis implan 12 orang,  ulangan implan 3 orang, ganti cara keimplan 7 orang, suntikan KB 5 orang, suntikan ulang 22 orang,” ujarnya.

Seluruh rangkaian Kegiatan pelayanan KB gratis dalam Rangka World Contraception Day di seluruh Desa di kecamatan Manggelewa berakhir lebih awal yaitu Rabu, 11 September 2019.

“Karena target telah tercapai dengan hasil yang sangat memuaskan,” tuturnya.

Disebutnya  capaian Akseptor Baru (AB)  Intrauterine Device (IUD) 5 orang, Implant 188 orang,  STK 55 orang. Total keseluruhan 248 orang atau 22.10% dari Kontrak Kinerja Pemerintah (KKP) untuk AB sebesar 1303 orang di Kecamatan Manggelewa.

Baca juga :   DLH Kabupaten Dompu Bidik “Perusahaan Nakal”

Secara keseluruhan capaiaan AB sejak Januari 11 September 2019 adalah 1.048 atau 80.42 % dari KKP 1303 orang. “Insyaallah sampai bulan Desember 2019 KKP bisa terpenuhi,” pungkasnya.

Kegiatan dimulai 1 Agustus sampai dengan 11 September 2019 di Desa Kwangko dan pulau Bajo. (Sp/*).

Related Posts

You cannot copy content of this page