Rabu, September 28, 2022
Kopi

Malming sambil nikmati Ori Coffee ; Kopi dari kaki Tambora, seperti apa ya?

Editor, Dompu – Kabupaten Dompu, Nusa Tenggara Barat selain tersohor dengan Gunung Tambora nya, ternyata memiliki kekayaan alam yang luar biasa yaitu Kopi. Dompu salah satu daerah penghasil kopi di Indonesia namanya Kopi Tambora.

Penyematan nama Kopi Tambora buat Kopi nya orang Dompu itu langsung disamakan dengan nama Gunung Tambora karena tumbuhnya dikaki gunung Tambora.

Keberadaan Kopi Tambora sebenarnya sudah ada sejak puluhan tahun silam. Kalau dulu belum begitu familiar karena terbatas untuk konsumsi rumah tangga, dan kalaupun dijual keluar tidak terlalu signifikan. Tapi sekarang Kopi Tambora sudah booming, bisa dijumpai disemua cafe di Dompu, bahkan sudah tembus pasar nasional dan sedang merambah pasar dunia.

Karena Kopi Tambora tumbuh dikaki gunung berapi, diatas tanah yang dihujani abu vulkanik akibat letusan Gunung Tambora bulan April 1815 menjadikan Kopi Tambora tumbuh subur di ketinggian dengan aroma khasnya.

Barista Ori Cafe di Lasmi Cafe and Resto sedang meracik Ori Coffee. (foto : my).

Bagi yang ingin meneguk gurihnya Kopi Tambora di Bumi Nggahi Rawi Pahu bisa dijumpai dibeberapa cafe dalam kota seperti sajian dari Ori Cafe di Lasmi Cafe and Resto di jalan Gajah Mada nomor 1, Bada – Dompu. Ori Cafe menyuguhkan menu spesial Kopi yakni Ori Coffee dari Kopi Tambora. Apalagi saat malam minggu mencoba menu baru Kopi Ori Coffee adalah pilihan menarik berakhir pekan.

Ori Coffee menyajikan rasa kopi Tambora berbeda pada umumnya, disini penikmat Kopi bisa merasakan aroma seperti rasa gula merah dan rasa buah, kita seakan terbawa diatas surga kaldera Tambora.

Racikan barista lokal Ori Cafe menyempurnakan rasa di malam minggu hanya untuk secangkir Ori Coffee.

Bukan saja Ori Coffee menu spesial yang ditawarkan disini, ada pilihan lainnya seperti kopi jenis robusta, arabika, vietnam drip, tubruk dan pilihan minuman lainnya yang tidak kalah rasa bisa menggugah selera. Di Ori Cafe tersedia juga aneka pilihan snck sebagai pelengkap Kopi.

Soal harga, kalau sekedar minum secangkir kopi asli Tambora di Ori Cafe kita hanya merogoh kocek Rp. 15.000 sampai 18 ribu rupiah.

Related Posts

No Content Available

You cannot copy content of this page