Minggu, November 27, 2022
Bencana

Kebakaran Hebat Landa Wilayah Sekitar Gunung Tambora

SUARABBC, Dompu – Wilayah Doroncanga dan sekitarnya, di kawasan Gunung Tambora, Kecamatan Pekat, Kabupaten Dompu, Nusa Tenggara Barat, dilanda kebakaran hebat. Api mulai mengganas sekitar sore hari, pada hari Sabtu, 19 Oktober 2019.

Informasi via pesan whatsapp dari Komandan Koramil 1614-05/Pekat, Kapten Kav M. Kasim menyebutkan, sekitar pukul 16.46 Wita, situasi dibelakang barak PT. Sukses Sukses Mantap Sejahtera (PT. SMS) terjadi kebakaran cukup luas kurang lebih satu kilo dari barak.

Dalam waktu dua jam, kobaran api sudah merembes di belakang PT. BA sampai ke arah Doroncanga dan pintu dua, pendakian Gunung Tambora.

Kondisi terkini disebutkan, pukul 21.00 Wita, api saat ini masih menyala dan menjalar ke arah gunung Tambora, tepatnya di Dusun Mekar Sari, Desa Soritatanga.

Baca juga :   Ziarah Makam Raja Sultan Muhammad Sirajuddin Pada Hari Jadi Kab. Dompu NTB ke-203

Menurut Danramil, kebakaran diduga akibat pembakaran lahan oleh masyarakat, sehingga merembes luas dan menyasar wilayah sekitarnya.

Katanya, pemadaman sulit dilakukan karena tiupan angin yang masih sangat kencang. Kemudian tebu dan rumput yang sudah kering sehingga mudah terbakar. Kendala pemadaman lainnya karena sulitnya medan untuk dilalui oleh mobil tangki air milik perusahaan produsen gula tersebut untuk pemadaman.

Kendati demikian, pihaknya bersama masyarakat dan dibantu masyarakat serta PT. SMS terus melakukan pemadaman. Hasilnya, si jago merah dekat pemukiman warga di sekitar PT. BA, kemudian di Dusun Sorimangge, dan Doroncanga berhasil dipadamkan.

“Upaya yang dilakukan sampai saat sekarang anggota Koramil Pekat bersama pihak PT. SMS dan masyarakat masih berusaha memadamkan api,” ujar Kasim.

Baca juga :   Aparat Gabungan Polres dan Kodim 1614/Dompu Berhasil Padamkan Kebakaran Doroncanga

Dia menambahkan, hingga saat ini, tidak ada korban jiwa dalam kebakaran yang terjadi. Dan kerugian belum bisa diperkirakan. “Sampai saat ini situasi dalam keadaan aman,”.

Kapolres Dompu Ajun Komisaris Besar Erwin Suwondo mengatakan, pihaknya sudah menerjunkan anggota ke lokasi kejadian guna melakukan pemadaman. “Saya sudah turunkan anggota tadi untuk upaya pemadaman,” terang Erwin, Sabtu malam 19 Oktober 2019. (my).

Related Posts

You cannot copy content of this page