Selasa, September 27, 2022
Covid-19

Gerakan 3SF : Cara Forkopimda Dompu Melawan Corona

SUARABBC.COM, Dompu – Data kewaspadaan Covid-19 di Kabupaten Dompu, Nusa Tenggara Barat, saat ini belum menunjukan jumlah yang signifikan. Berdasarkan release Dinas Komunikasi Informatika dan Statistik Pemerintah Provinsi NTB, di Dompu terdapat 1 orang pasien dalam pengawasan (PDP) dan 5 orang dalam pemantauan (ODP). Dari 5 ODP diatas, 4 orang dinyatakan selesai dalam pengawasan, sedangkan 1 orang masih dalam pengawasan.

Kendati angka diatas menunjukan pergerakan penularan virus corona di Dompu belum signifikan, namun perangkat pemerintahan seperti forum koordinasi pimpinan daerah Kabupaten Dompu terus mengambil langkah antisipasi guna meminimalisir pergerakan virus dan jatuhnya korban.

Kepolisian Resor dan Kodim 1614/Dompu mengawalinya dengan kegiatan gotong royong pembersihan pasar dan tempat keramaian lainnya, kemudian beberapa hari berikutnya diikuti dengan pengasapan (fogging) di sekitar perkotaan. Apalagi saat sekarang juga muncul wabah demam berdarah, dimana di beberapa daerah sudah memakan korban jiwa.

Baca juga :   Satu Pasien Dalam Pengawan di Dompu Negatif dan 6 ODP

Setelah Pemprov NTB secara resmi meliburkan kegiatan belajar mengajar untuk tingkat SMA dan SMK selama 14 hari sebagai langkah social distancing menekan penyebaran corona dan, yang diputuskan pada hari Ahad (15/03/2020), Pemkab Dompu menindaklanjutinya dengan keputusan yang sama. Misalnya di lingkup instansi, para pegawai diberikan kelonggaran untuk bekerja dari rumah. Masyarakat juga dihimbau untuk menjaga jarak didalam beraktivitas.

Pemkab Dompu kemudian membentuk

Tim Reaksi Cepat Penanganan Covid-19. Tim ini bertugas menyusun program dan langkah konkret pencegahan dan penanganan Covid-19.

Kejaksaan Negeri Dompu menggelar kegiatan sosialisasi pengenalan dan pencegahan virus corona bertempat di Aula Kejari pada hari Kamis, (19/03/2020) dengan pemateri Dr. I Wayan Sudiharta, SpPD, FINASIM.

Tujuan diadakannya sosialisasi ini agar para Jaksa bisa lebih berhati-hati dan mempersiapkan langkah antisipasi karena mereka berkontak langsung dengan terdakwa maupun para saksi didalam dan diluar persidangan.

Baca juga :   Pertarungan Berakhir, Cika Menang Lawan DPP PAN

Selain Kejaksaan, Polres Dompu dan pengurus Bhayangkari Cabang Dompu dibawah komando AKBP Syarif Hidayat dan asuhan Ny. Susi Syarif mengambil bagian mengadakan sosialisasi pencegahan, penanganan, dan gejala terjangkit covid-19, bertempat di Aula Polres pada hari Sabtu (21/03/2020). Sosialisasi oleh Polres Dompu dihadiri semua personel Polres.

Pada hari yang sama, yaitu Sabtu (21/03/2020), Pemkab Dompu mengadakan penyemprotan disinfektan di Pendopo Bupati, kantor Setda, kantor perbankan, ATM, RSUD, Masjid dan tempat keramaian lainnya.

Tak ketinggalan, keluarga besar Pengadilan Negeri Dompu juga menekankan pola hidup sehat bagi para Hakim dan pegawai sebagaimana disampaikan ketua Pengadilan Mukhlassuddin, S.H., dalam menghadapi pandemi corona. Dan dilingkungan kerja PN Dompu selalu digelar gotong royong pembersihan untuk menciptakan suasana kantor yang bersih dan asri.

Gerakan social distancing, semprot disinfektan, sosialisasi dan fogging (3SF) adalah cara Forkopimda Dompu melawan corona. (ib).

Related Posts

You cannot copy content of this page