Selasa, September 27, 2022
Advertorial

Akhir Tahun 2019, Komisi I DPRD Dompu Tutup Dengan Kinerja

SUARABBC, Dompu – Menjelang berakhirnya tahun anggaran 2019, DPRD Kabupaten Dompu, Nusa Tenggara Barat, khususnya komisi I yang membidangi hukum dan pemerintahan sudah menyiapkan agenda kinerja terkait pelaksanaan tupoksi komisi.

Ketua Komisi I Ir. Muttakun menjelaskan, berdasarkan rapat komisi, ditetapkan dua agenda utama yakni pengelolaan aspirasi dan kunjungan lapangan ke mitra komsi dalam hal ini instansi atau organisasi perangkat daerah.

Dikemukakan, komisi I memang sudah melaksanakan pengelolaan aspirasi ini, kebetulan ditetapkan oleh Badan Musyawarah DPRD dan beberapa rapat dengar pendapat umum atau RDPU sudah dijalankan. Bahkan RDPU ini juga telah diselesaikan termasuk aspirasi Samudra Rababaka, kemudian berikutnya lagi beberapa kegiatan akan diagendakan.

Kemudian aspirasi masalah pengelolaan lahan So Ncando, di Kecamatan Woja. Dalam hal ini komisi I melihat kalau ada konflik seperti itu memang harus diupayakan melalui duduk bersama para pihak. “Saya setuju harus diselesaikan, dan tidak boleh tidak memberikan kepastian pengelolaan. Kepastian pengelolaan menuju kepastian hukum. Untuk itu memang perlu ada penjelasan terkait cikal bakal lokasi itu dikelola oleh masyarakat sehingga munculnya konflik,” saran dia.

Baca juga :   Sukses dalam pengembangan KLA, Pemkab Lotara datang belajar di Dompu

Selanjutnya, terkait kunjungan lapangan, memang diagendakan pada minggu ke 3 dan 4 atau akhir minggu ke 2.

Kunjungan lapangan terang Muttakun bertujuan ingin melaksanakan pengawasan atau monitoring, yaitu apa yang sudah dilaksanakan, sedang dilaksanakan atau akan dilaksanakan oleh mitra kerja komisi I.

“Didalam kunjungan lapangan itulah nanti kita akan mencermati program-orogram yang sudah dilaksanakan oleh mitra. Kalaupun nanti akan ada hal-hal yang kami temukan termasuk masalah mereka, bagaimana menyelesaikan masalah untuk meningkatkan pelaksanaan tupoksi mereka. Kalau ada hambatan yang terkait dengan fungi kita, menyangkut persoalan-persoalan terkait dengan pengawasan, nanti akan ditindaklanjuti oleh kami untuk melakukan rapat komisi dan merekomendasikan kepada pimpinan dprd. Kalau ada temuan-temuan,” ujar dia pada Jum`at, 6 Desember 2019 di kantor DPRD. (my/*).

Baca juga :   Rapat paripurna DPRD Dompu tentang Raperda pertanggungjawaban pelaksanaan APBD tahun 2020

Related Posts

You cannot copy content of this page