Rabu, Agustus 17, 2022
Pembangunan

Wujudkan Petani Handal, HMS Fasilitasi Bimtek Pengembangan Tanaman Semusim dan Rempah

Dompu, EN – Komitmen Muhammad Syafrudin sebagai anggota Komisi IV DPR RI untuk mengangkat derajat kesejahteraan para petani tidak diragukan.

Selama ini legislator dari Fraksi Partai Amanat Nasional itu dikenal gigih memperjuangkan nasib petani Pulau Sumbawa di kancah nasional. Selain itu juga, sering menggolontorkan beberapa jenis bantuan berupa bibit pertanian, obat-obatan, serta sarana dan prasarana produksi pertanian.

Hari Ahad dan Senin, tanggal 19 dan 20 September kemarin, HMS disapa H. Muhammad Syafrudin memfasilitasi digelarnya kegiatan bimbingan teknis (Bimtek) tentang pengembangan tanaman semusim dan rempah di Aula Desa Doropeti dan Desa Sorinomo (Kecamatan Pekat) dan Desa Anamina, Kecamatan Manggelewa.

Bimtek dimaksudkan untuk membentuk petani dan penyuluh yang handal, sehingga didalam proses produksi komoditi pertanian betul-betul dilakukan secara profesional sehingga mendapatkan hasil yang maksimal dan petani sejahtera.

Baca juga :   Berlisensi Strata Reakreditasi Utama : Puskesmas Madapangga Kaji Banding di Puskesmas Kota Dompu
📷 Peserta kegiatan pose bersama usai kegiatan. (Afan).

Peserta Bimtek berasal dari petani setempat, sedangkan pemateri langsung didatangkan pusat, mereka adalah Kartining Saddewi Budi (Koordinator Kredit Program dan Fasilitasi Pembiayaan) dan Santosa Raharjo (Sub Koordinator Kredit Program) pada Kementerian Pertanian.

Selain memfasilitasi kegiatan, HMS memberikan bantuan bibit tebu untuk 100 hektar dan bantuan bibit tanaman produktif berupa bibit klengkeng dan alpukat 1500 pohon.

Selain dihadiri HMS sendiri, terlihat pula Dirjend Perkebunan dan Prasarana dan Sarana Pertanian ditempat kegiatan.

“Kedaulatan pangan sulit tercapai dan kesejahteraan petani tidak akan terwujud kalau petani dan penyuluh memiliki SDM yang kurang,” pungkas HMS.

Related Posts

You cannot copy content of this page