Senin, November 28, 2022
Patroli Cipkon

Patroli Serentak Cipta Kondisi Polres Dompu dan Jajaran Polsek

SUARABBC.COM, Dompu – Kepolisian Resort Dompu, Nusa Tenggara Barat dan seluruh jajaran Polsek secara serentak menggelar kegiatan patroli Cipta Kondisi (Cipkon) dalam rangka menjaga stabilitas keamanan dan ketertiban masyarakat, sebagai wujud komitmen tinggi institusi Polri dalam melindungi, mengayomi dan melayani masyarakat.

Sebelum kegiatan, diawali dengan apel malam Patroli Blue Light dan Cipkon Berskala Besar yang dipimpin Kapolres AKBP Syarif Hidayat, pada hari Sabtu, 06 Juni 2020 sekitar pukul 20.45 Wita di Lapangan Apel Polres Dompu.

Dalam pengarahannya, Kapolres mengingatkan kepada seluruh anggota untuk selalu menjaga situasi Kamtibmas di wilayah hukum Polres Dompu agar tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan, dengan melakukan kegiatan patroli malam cipta kondisi berskala besar.

Patroli Cipkon dilaksanakan tanggal 06 Juni 2020, dimulai sekitar jam 9 malam.

polres dompu
Patroli Cipkon Polres Dompu

Polres Dompu

Patroli cipkon bersakala besar dan patroli blue light dilakukan melalui pendekatan dialog dengan masyarakat sekitar taman Rasanggaro, Kelurahan Monta Baru, Kecamatan Woja, agar selalu menjaga situasi Kamtibmas daerah masing-masing, dimaksudkan dalam rangka antisipasi gangguan Kamtibmas di wilayah hukum Polres Dompu.

Selain itu menghimbauan kepada masyarakat agar selalu menggunakan masker jika keluar dari rumah untuk mencegah penyebaran covid-19.

Kegiatan yang dibagi dalam dua Pelton itu menerjunkan seluruh personil Polres Dompu, masing-masing dipimpin IPTU Balok Suswantoro untuk Pelton 1 dan Kasat Lantas IPTU I. Wayan Sukarsa untuk Pelton 2, dengan menyasar Kelurahan Karijawa, Simpasai, Kandai Dua, Monta Baru, Jalan Ompu Beko, Kelurahan Bali Satu, dan Kelurahan Bada.

polsek pekat
Patroli Cipkon Polsek Pekat

Polsek Pekat

Patroli rutin anggota piket Polsek Pekat dalam rangka cipta kondisi, anggota patroli memberikan himbauan kepada sekelompok pemuda yang sedang berkumpul di Dermaga Desa Calabai, agar tidak melakukan hal-hal yang dapat mengganggu kamtibmas dan memberikan teguran agar tetap menggunakan masker dan menjaga jarak guna mencegah penularan wabah covid-19.

Kemudian anggota memberikan teguran dan himbauan terhadap club motor Vespa yang sedang mampir istrahat di depan Masjid Fastabiqul Khairat setelah melakan touring, dan akan kembali menuju Kota Bima,  agar tidak melakukan touring di tengah pandemi covid-19, dan meminta kepada mereka agar langsung kembali pulang ke rumah masing-masing.

Di jalan lintas Desa Kadindi Barat, anggota patroli menemukan ada perkumpulan muda-mudi yang sedang membakar ayam untuk acara makan-makan di salah satu rumah warga. Pada kesempatan tersebut menghimbau agar mengurangi kegiatan berkumpul-kumpul di tengah pandemi covid-19 untuk mencegah penyebarannya.

Terakhir, masih di jalan lintas Desa Kadindi, menemui masyarakat yang sedang duduk-duduk di salah satu warung. Saat tersebut anggota menyampaikan pesan-pesan Kamtibmas dan menghimbau kepada mereka untuk tetap tertib menggunkan masker dan menjaga jarak guna mencegah penyebaran covid-19.

Kapolsek IPDA Muh. Sofyan Hidayat menurunkan anggota dalam patroli cipta kondisi yaitu Brigadir Hasrul Rudianto, Brigadir Asabaet, Briptu Muh Ali Fikri, Briptu L Taufan Insani, dan Bripda Abdul Khaliq, dengan capaian masyarakat merasa aman dengan adanya kegiatan patroli rutin yang dilakukan oleh piket Yanmas Polsek Pekat, sehingga gangguan Kamtibmas dapat diminimalisir.

Baca juga :   Anggota alami luka robek, HMI Dompu kutuk tindakan represif Polisi

Selain itu, masyarakat mendapatkan edukasi dari Kepolisian tentang bagaimana upaya meminimalisir penyebaran wabah covid 19.

polsek kempo
Patroli Cipkon Polsek Kempo

Polsek Kempo

Operasi cipkon dan patroli berskala besar dalam rangka  menjaga situasi Kamtibmas yang aman dan kondusif di wilayah hukum Polsek Kempo difokuskan pada tempat yang biasa dijadikan tempat berkumpul nya masyarakat, remaja/pemuda dimalam hari, kemudian daerah rawan terjadinya 3C, serta gangguan Kamtibmas lainnya seperti fasilitas umum.

Dalam kegiatan tersebut anggota patroli memberikan himbauan Kamtibmas kepada masyarakat diantaranya agar masyarakat mengurangi kegiatan diluar rumah demi menjaga penularan corona. Juga dihimbau masyarakat selalu mentaati anjuran pemerintah dengan menerapkan pembatasan sosial dan fisik untuk menghambat penyebaran covid-19.

Capaian patroli cipkon terciptanya stabilitas keamanan di wilayah Polsek Kempo, sehingga situasi dan kondisi secara umum dalam keadaan aman dan kondusif.

polsek manggelewa
Patroli Cipkon Polsek Manggelewa

Polsek Manggelewa

Kapolsek Manggelewa IPDA Redho Rizki Pratama, S.Tr.K memimpin langsung patrol cipkon Manggelewa.

Kali ini jajarannya akan melakukan penindakan dengan sasaran Sepeda Motor yang menggunakan Knalpot Racing, miras, narkoba dan tindak pidana lainnya terutama premanisme. Tujuannya supaya dapat meminimalisir kejahatan yang dapat mengganggu Kamtibmas wilayah Manggelewa.

Khusus penertiban terhadap Sepeda Motor yang menggunakan Knalpot Racing dimaksudkan untuk menertibankan para pengguna jalan Lainnya. Hasilnya, tidak terdapat barang bukti atau pelanggar pengguna motor racing.

Polsek Kilo
Patroli Cipkon Polsek Kilo

Polsek Kilo

Merespon situasi global rasisme di Amerika dan memasuki sistim new normal serta patroli humanis di wilayah hukum, Sektor Kilo dalam patroli cipkon mendatangi tempat berkumpulnya para remaja,  kemudian melakukan pemeriksaan, penggeledahan badan dan pemeriksaan kelengkapan identitas.

Pada saat yang sama juga diberikan himbauan agar selalu menjaga Kamtibmas supaya tidak menghambat aktifitas kemasyarakatan. Kemudian himbauan juga untuk warga agar tidak melakukan perbuatan-perbuatan yang melanggar hukum yang dapat merugikan diri sendiri dan orang lain.

Himbauan agar warga jangan terlalu banyak keluar rumah dan jangan berkumpul terlalu ramai  untuk mencegah penyebaran virus covid-19, serta mengikuti protokol pemerintah selama pandemic juga diberikan mengingat belum berakhirnya pandemic covid-19.

Patroli cipkon Polsek Kilo menekankan pada pelanggaran penyalahgunaan narkoba dan minuman keras, pencurian kendaraan bermotor, dan pencurian dalam rumah, dengan capaian minimnya angka kriminalitas di wilayah Polsek, menciptakan situasi Kamtibmas yang aman dan kondusif

Sebelum kegiatan yang melibatkan AIPDA Iwan Setiawan, Bripka M. Nursalam, Bripka Dedi Julianto, Bripka Rusmin Nuryadin, Briptu Irwan Al-Hamzani, dan Bripda LL Rika Sukiman, Kapolsek IPTU Yuliansyah memimpin apel malam di depan Mako Polsek.

polsek woja
Patroli Cipkon Polsek Woja

Polsek Woja

Patroli cipta kondisi jajaran Polsek Woja bertujuan mengantisipasi gangguan Kamtibmas pada malam hari, dengan memfokuskan pada daerah-daerah yang dianggap rawan aksi kriminalitas dan para pelaku kejahatan seperti curat, curas maupun curanmor.

Baca juga :   Berkas cabul Mumbu dan Ginte sedang diteliti Jaksa

Kapolsek IPDA Abdul Haris yang langsung memimpin patroli sembari memberikan himbauan Kamtibmas kepada warga masyarakat untuk senantiasa menjaga Kamtibmas di lingkungannya.

Hasilnya, memberikan perlindungan, pengayoman dan pelayanan kepada masyarakat guna mewujudkan rasa aman (baik fisik maupun psikis) sehingga terciptanya keamanan dan ketertiban masyarakat, serta terbebas dari rasa khawatir sehingga masyarakat dapat melakukan segala aktifitasnya dengan tertib dan lancar.

Kemudian kegiatan Patroli Blue Ligh dapat mengurungkan niat dan kesempatan aksi pelaku kejahatan.

polsek  dompu
Patroli Cipkon Polsek Dompu

Polsek Dompu

Kapolsek Dompu IPDA I Kadek Suadaya Atmaja memimpin langsung patroli Cipkon, Sabtu, 05 Juni 2020, malam hari.

Dalam kesempatan itu, Sektor Dompu memberikan rasa aman dan nyaman kepada masyarakat yang sedang beraktivitas di wilayah Kecamatan Dompu.

Selanjutnya mengantisipasi adanya kejadian aksi tawuran antar kelompok pemuda yang sering terjadi pada malam minggu.

Menghadapi pandemic covid-19, Kapolsek memberikan himbauan SOP covid-19 kepada pemuda yang sedang nongkrong di Taman Kota Dompu, guna menekan angka penyebaran wabah di Kabupaten Dompu.

Kepada masyarakat yang berbelanja di pasar, Polsek memberikan rasa aman kepada pengunjung yang berbelanja di komplek Pertokoan pasar tradisional.

Selain itu, mengantisipasi adanya aksi, curas, curat dan curanmor (3C) yang sering terjadi di wilayah hukum Polsek Dompu.

polsek pajo
Patroli Cipkon Polsek Pajo

Polsek Pajo

Wilayah hukum Polsek Pajo dalam kegiatan patroli Cipkon berskala besar, dipimpin oleh Kapolsek IPTU Rusdi menghimbau kepada masyarakat agar selalu menjaga dan menciptakan situasi yang tetap aman dan kondusif diwilayah Kecamatan Pajo dan bijak dalam menyikapi isu hoax yang menyesatkan dan meresahkan masyarakat.

Rusdi juga menghimbau untuk menghindari kegiatan- kegiatan berkumpul yang tidak perlu guna mencegah dan memutus penyebaran covid-19.

Kepada masyarakat, diingatkan agar mengantisipasi maraknya kejadian 3C yang sangat merugikan masyarakat.

Polsek Pajo melakukan koordinasi dengan pihak terkait dalam hal ini Camat Pajo, Kades se-Kecamatan Pajo, toga, toda, tomas, dan LSM serta ormas agar selalu mematuhi protokol covid-19 guna terciptanya situasi Kamtibmas yang tetap aman dan kondusif di wilayah Pajo.

polsek hu`u
Patroli Cipkon Polsek Hu`u

Polsek Hu`u

Patroli Cipkon Polsek Hu’u dilaksanakan dengan cara menghimbau kepada warga agar tidak  nongkrong, berkumpul mengadakan keramaian sesuai himbauan pemerintah, tetap menggunakan masker serta tetap menjaga jarak sesuai anjuran pemerintah untuk mencegah atau memutus penyebaran covid-19 di Desa Daha.

Diingatkan kepada warga agar tidak melakukan hal-hal yang melanggar hukum sehingga dapat merugikan diri sendiri maupun orang lain.

Kegiatan patroli menciptakan situasi dan kondisi Kamtibmas yang aman dan kodusif di Desa Daha, serta masyarakat yang berkumpul dapat membubarkan diri sehingga memutus rantai penyebaran virus corona. (my).

Related Posts

No Content Available

You cannot copy content of this page