Minggu, November 27, 2022
Bencana

Kebakaran Sekitar Kawasan Gunung Tambora, Api Berhasil Dipadamkan

SUARABBC, Dompu – Kobakaran api yang menghanguskan sebahagian wilayah di sekitar kawasan Gunung Tambora, Kecamatan Pekat, Kabupaten  Dompu, Nusa Tenggara Barat, sejak kemarin sore, berhasil dipadamkan oleh aparat dan masyarakat setempat.

Lahan yang terbakar merupakan Hak Guna Usaha (HGU) PT. Sukses Mantap Sejahtera (SMS) dan sebagiah kawasan Taman Nasional Tambora (TNT).

Informasi dari Komandan Koramil 1614-05/Pekat Kapten Kav M. Kasim menyebutkan, sampai dengan tanggal 20 Oktober 2019 waktu pagi, lahan HGU milik PT. SMS dibelakang barak yang mengalami kebakaran, kemudian sekitar PT. BA, Dusun Sorimangge dan sekitar savana Doroncanga hingga pagi ini sudah dapat di padamkan.

Katanya, luas lahan yang terbakar sekitar 300 hektar, yang merupakan HGU PT. SMS dan sebahagian kawasan Taman Nasional Tambora.

Baca juga :   Jalur dibuka, pendaki ke Gunung Tambora signifikan

Sedangkan, jumlah kerugian saat ini belum bisa di perkirakan.

Sambung Kasim dalam pesan whatsapp nya, adapun sisa yang masih terbakar berada dalam areal HGU milik PT SMS dan areal TNT, bagian belakang tepatnya di lereng gunung Tambora, itupun yang alami kebakaran hanya ilalang, dan saat ini masih terus dilakukan pemadaman sisa sisa kebakaran.

Untuk informasi nasib ternak warga di areal pelepasan savana Doroncanga, Kasim menjawab belum mendapatkan informasi. “Saat ini kami fokus lakukan pemadaman,” ujar nya. (my).

Related Posts

You cannot copy content of this page