Minggu, November 27, 2022
Pembangunan

Berlisensi Strata Reakreditasi Utama : Puskesmas Madapangga Kaji Banding di Puskesmas Kota Dompu

SUARABBC, Dompu – UPTD Puskesmas Kota Dompu, Kabupaten Dompu, Nusa Tenggara Barat, mendapat kunjungan dari tim kaji banding UPTD Puskesmas Madapangga, Kabupaten Bima, NTB. Kunjungan ini  dalam rangka melakukan kaji banding program yang dijalankan kedua Puskesmas, bermaksud untuk peningkatan mutu pelayanan yang berkesinambungan.

Dinilai, mengapa Puskesmas Kota Dompu menjadi pilihan sebagai tempat kaji banding program yang dituju bagi Puskesmas Madapangga? karena diakui Puskesmas Kota Dompu memiliki mutu pelayanan yang cukup baik, dibuktikan melaui uji strata reakreditasi utama yang dicapainnya.

Kepala Puskesmas Madapangga Eva Juniarti, S.KM., mengaku dirinya sengaja memilih Puskesmas Kota Dompu biar dirinya dapat belajar, untuk mengkaji pencapaian program yang dicapai Puskesmas tersebut hingga mampu mendapat strata reakdeditasi utama. “Disini kita mau melihat strategi-strategi apa yang yang dilakukan Puskesmas Kota Dompu dalam meningkatkan pelayanan dan mutu kesehatannya. Selain itu, kita juga ingin membandingkan program kita, karena ada beberapa program kita yang belum mencapai target, sehingga disini kita bisa dapatkan gambaran bahwa untuk mencapai target itu, harus melaui inovasi-inovasi tertentu,” ungkapnya disela sela kegiatan pada Kamis, 16 Januari 2020.

Baca juga :   Penjarakan dan pecat Ngabalin dari KSP

Kaji banding program dilakukan agar Puskesmas Madapangga bisah lebih baik, apalagi kedepan Puskesmas Madapangga sendiri akan menghadapi periode penilaian pada akhir Septerber tahun ini.

“Kemarin kita sudah dapat akreditasi dasar, namun kalau untuk periode penilaiannya kan dilakukan tiga tahun sekali, dan untuk penilaian itu akan dilakukan akhir September nanti,” ujar dia.

Pada kesempatan yang sama, Kepala Puskesmas Kota Dompu Dewi Laila Mahligai Putri, S.ST.,M.Kes., menyampaikan bahwa dirinya  merasa bangga ada tamu yang datang studi ke Puskesmas nya karena mempunyai nilai lebih.

“Kita disini selalu menganggap bahwa tamu itu adalah raja dan apalagi tamu ini ingin belajar, dan kita berupaya untuk memberikan pelayanan terbaik bagi mereka. Namun secara tidak langsung kedatangan teman-teman dari Madapangga ini, mereka memberikan pengakuan bahwa mereka saat ini adalah salah satu Puskesmas yang terpilih karena mutu layanan kami sudah baik, yang dibuktikan dengan hasil strata reakreditasi utama yang kita dapatkan,” akhiri nya.

Baca juga :   Sosialisasi Perda Nomor 10 Tahun 2017 Tentang Pengelolaan Persampahan Dinas LH Dompu 2018

Kunjungan tim kaji banding ini disambut oleh jajaran UPTD Puskesmas Kota Dompu dan Asisten I Setda Kabupaten Dompu Ir. Ruslan, bertempat di Aula Puskesmas Kota Dompu. (Sp).

Related Posts

You cannot copy content of this page