Rabu, September 28, 2022
Kabar Hukum

Awas! Uang “Palsu” Beredar di Dompu

SUARABBC.COM, Dompu – Masyarakat Dompu harus waspada, uang palsu sudah ada yang beredar.

Uang tersebut pertama kali diketahui di jasa pengiriman uang Welcome Cell, Lingkungan Sawete Barat, Kelurahan Bali Satu, Kecamatan Dompu.

Pemilik jasa pengiriman Welcome Cell Umar Harun menuturkan, sudah 5 kali pihaknya menemukan dugaan uang palsu dari masyarakat yang mengirim uang, dari orang yang berbeda. Semuanya dalam pecahan Rp.100.000.

Temuan awal hari Selasa, 28 April 2020, pagi hari, sebanyak satu lembar. Kemudian pada malam hari sebanyak satu lembar.

Esok hari, Rabu, 29 April, waktu pagi, masih didapat satu lembar.

Lalu pada Kamis, 30 April, sore hari, dijumpai sebanyak satu lembar.

Baca juga :   Produsen Beras di Dompu Gunakan Kemasan Illegal ; Penjara dan Denda Menanti

Terakhir, Sabtu 2 Mei 2020, sekitar pukul 17.30 Wita, ditemukan satu lembar dari masyarakat yang menggunakan jasa pengiriman, yang terselip diantara total jumlah 8 juta lebih.

Kepada media ini, Umar mengungkapkan, mengetahui adanya dugaan uang palsu dalam beberapa lembaran uang kertas setelah dilakukan cek fisik, misalnya kalau uang asli memiliki pita diantara gambar mantan Presiden Soekarno dan mantan Wapres Mohammad Hatta, sedangkan dugaan uang palsu tidak memiliki pita. Setelah itu pengecekan melalui alat pendeteksi uang palsu yaitu UV merek Hunza.

“Saat diketahui dugaan uang palsu yang terselip diantara uang kertas lainnya, saya langsung kembalikan ke pemiliknya,” ujar Umar. (pi).

Related Posts

You cannot copy content of this page