Jumat, Oktober 7, 2022
Figur

Pak Bhabin Irfan dari Dompu, “Polisi humanis selalu ada buat warga”

Editor, Dompu – Penempatan Bhabinkamtibmas pada setiap Desan dan Kelurahan merupakan salah satu terobosan dalam membantu berjalannya roda organisasi institusi Kepolisian dalam hal mendekatkan pelayanan di masyarakat dan melakukan deteksi dini setiap perkembangan situasi serta mampu mengambil langkah-langkah solutif pada persoalan yang dihadapi warga binaannya.

Bhabinkamtibmas dituntut melekat dan selalu ada untuk warganya sebagaimana diamanatkan pimpinan. Hal itu juga tercermin pada sosok Bhabinkamtibmas Desa Serakapi, Kecamatan Woja, Kabupaten Dompu, Nusa Tenggara Barat Bripka Irfan Kurniawan.

Sosok periang ini cukup baik menjalankan fungsinya sebagai Bhabinkamtibmas sehingga mendapatkan penghargaan dari pimpinannya. Keberadaannya ditengah warganya cukup dirasakan manfaatnya, ia sangat peka dengan masalah warga yang berkaitan dengan hukum untuk dicarikan solusi.

“Karena segala masalah tidak harus diproses secara hukum dan berakhir di meja hijau jika masih bisa dicarikan solusinya” ujar pria yang akrab disapa Defan ini, yang pernah mendapat reward dan predikat Bhabinkamtibmas tauladan untuk jajaran Kepolisian Resor Dompu.

Baca juga :   Cerita lain demo Omnibus Law di Dompu : Negosiasi sang Perwira ditengah "bahaya"

Tak hanya itu, kiprah Pak Bhabin memiliki sentuhan kemanusiaan dalam bentuk bantuan sosial yang kerap digelontorkannya untuk beberapa warga yang membutuhkan.

Tak pelak, Pak Bhabin yang memiliki Facebook dengan nama akun Defan Il Nerazzuri Zld ini selain menyalurkan bantuan bantuan dari dinas Kepolisian, ia juga acap kali merogoh kantong pribadi (sebatas kemampuannya) untuk sekedar membantu warganya yang benar-benar membutuhkan.

Kiprah Pak Bhabin terus mendapat apresiasi dari elemen masyarakat. Kepala Desa Serakapi Sastromijoyo memberikan testimoninya, “Saya selaku Kepala Desa sangat berterima kasih dan mengapresiasi pihak Kepolisian dengan penempatan Bhabinkamtibmas di Desa kami,”.

“Bhabinkamtibmas Serakapi kami kenal sebagai sosok yang humanis dan bermasyarakat, karena dia cukup akrab dengan warga dari segala usia baik para pemuda maupun dewasa. Disatu sisi kami sangat merasakan adanya sinergi yang baik antara kami selaku pemerintah Desa dengan Bhabinkamtibmas selama ini, utamanya urusan sosial kemasyarakatan dalam hal mencarikan solusi pada setiap persoalan,” cerita Kades.

Baca juga :   Hikayat Kapolsek Pekat Seketika Jadi Nakes : Vaksinasi Presisi Siap 'Diamankan' Jenderal

Selain itu ujar Kades Serakapi, Bripka Irfan cukup responsif ketika dibutuhkam bantuannya sewaktu waktu meski tengah malam, dia tetap turun ke Desa membantu dalam mengatasi masalah.

Pujian figur Pak Bhabin juga datang dari sang komandan di Polsek Woja. Kapolsek Ipda Abdul Haris berkomentar Bripka Irfan adalah salah satu Bhabinkamtibmas yang bisa diandalkan dan cukup maksimal dalam menjalankan tugasnya. “Saya salut semoga memicu semangat rekan lainnya,” kata Kapolsek.

Sedangkan Kapolres Dompu AKBP Syarif Hidayat menaruh perhatian besar. Dia mengucapkan terima kasih dan penghargaan kepada personelnya yang bisa menjalankan tugas dengan baik serta mampu mengangkat citra Kepolisian.

“Saya berharap ara Bhabin memahami tupoksinya sebagai Bhabinkamtibmas dan bisa maksimal menjalankan tugasnya agar masyarakat bisa maksimal juga mendapatkan pelayanan Kdpolisian.” imbaunya.

Related Posts

You cannot copy content of this page